Kamis, 18 Februari 2010

TIPS MENGGUNAKAN CONTENT AWARE SCALE DI PHOTOSHOP CS4

Pertama buka Software Photoshop CS4 Anda, ambil salah satu foto yang latar belakangnya agak luas dan objeknya terfokus ditengah-tengah (sebagai contoh saya memakai foto burung).

Kemudian klik dua kali layer background, akan tampil kotak dialog NEW LAYER biarkan semuanya secara default, langsung klik OK.

Selanjutnya klik Menu: EDIT > CONTENT AWARE SCALE atau ALT+SHIFT+CTRL+C kemudian tarik saja handle yang berada disebelah kiri atau kanan secara manual tanpa menekan tombol SHIFT maka lihatlah hasilnya…

Jika Anda menarik handle fotonya menggunakan perintah FREE TRANSFORM maka hasilnya akan seperti dibawah ini, foto jadi tidak proporsional.

Terbukti fitur CONTENT AWARE SCALE memang benar-benar hebat bukan… Tapi Anda jangan senang dulu, karena tidak semua foto dengan kriteria diatas bisa diterapkan dengan menggunakan fitur CONTENT AWARE SCALE.

Lho…memangnya kenapa, kok tidak bisa?

Karena saya sudah mencoba dengan sebuah foto yang berbeda dan ternyata fitur CONTENT AWARE SCALE tidak bisa diterapkan, hasilnya sama seperti kita memakai fitur FREE TRANSFORM. Dibawah inilah contoh hasil dari foto berbeda yang saya pergunakan.

Walah…jangan putus asa dan sedih gitu doong… putus asa kan dibenci Tuhan.

Dengan sedikit bersabar foto yang tadinya tidak bisa kita modifikasi dengan fitur CONTENT AWARE SCALE akan menjadi bisa.

Bagaimana caranya…?

Pertama buka file foto (sebagai contoh saya menggunakan foto bebek), kemudian klik dua kali layer Background akan tampil kotak dialog NEW LAYER biarkan semuanya secara default, langsung klik OK.

Selanjutnya Klik Menu: WINDOW > CHANNELS pada kotak dialog CHANNELS klik ikon NEW CHANEL, gambar berubah menjadi hitam.

Kemudian klik ikon MATA pada CHANNEL BLUE, lalu klik ikon BRUSH TOOL dan pastikan warna Foregroundnya putih, sapukan BRUSH TOOL hanya pada objek BEBEK hingga merata (ingat...! latar belakangnya jangan sampai kena).

Setelah selesai, Klik Layer RGB kemudian klik Menu: EDIT > CONTENT AWARE SCALE atau ALT+SHIFT+CTRL+C, pada sub menu PROTECT pilih yang ALPHA 1.

Sekarang tariklah handle yang berada disebelah kiri atau kanan menuju ketengah-tengah foto, selanjutnya apa yang terjadi?

Menakjubkan bukan…semua itu bukan lain karena kita mau bersabar dan belajar.

Itulah sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat untuk kita semua…

Bagi yang masih kurang jelas bisa bertanya di kolom komentar dibawah ini.

SELAMAT BERKARYA…

0 komentar:

Posting Komentar

© uchux(●̮̮̃•̃) - Template by Blogger Sablonlari